Dalam rangka hari listrik nasional PLN bekerja sama dengan blogdetik dalam memberikan kesempatan kepada penulis melalui blog utuk memberikan masukan atau tanggapan mengenai kinerja PLN selama ini dengan tema "ideku untuk PLN". PLN telah 3 kali bekerjasama dengan blogdetik dengan menggunakan media blog. Mengapa demikian? Tak dipungkiri lagi blog merupakan sebuah media yang membuat kita mendapatkan informasi dan juga membagikan informasi secara cepat. Selanjutnya bicara soal PLN yang akan saya paparkan dibawah.
PLN adalah perusahaan listrik negara yang setia menemani masyarakat Indonesia selama 69 tahun memberikan pelayanan listrik secara nasional. Bayangkan jika hidup tanpa listrik atau kekurangan listrik? Gadget lowbet saja kebayakan orang pusing apalagi kalau listrik tak ada. Saya sendiri telah menikmati kinerja PLN sejak saya lahir kurang lebih 21 Tahun. Selama 69 tahun PLN telah memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Peran PLN sangat berarti bagi Indonesia . PLN telah melayani puluhan juta pelanggan di seluruh Indonesia. Meskipun PLN telah berusia 69 tahun tetapi PLN masih memiliki beberapa kekurangan, langsung saja:
PLN adalah perusahaan listrik negara yang setia menemani masyarakat Indonesia selama 69 tahun memberikan pelayanan listrik secara nasional. Bayangkan jika hidup tanpa listrik atau kekurangan listrik? Gadget lowbet saja kebayakan orang pusing apalagi kalau listrik tak ada. Saya sendiri telah menikmati kinerja PLN sejak saya lahir kurang lebih 21 Tahun. Selama 69 tahun PLN telah memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Peran PLN sangat berarti bagi Indonesia . PLN telah melayani puluhan juta pelanggan di seluruh Indonesia. Meskipun PLN telah berusia 69 tahun tetapi PLN masih memiliki beberapa kekurangan, langsung saja:
Pertama, masalah instalasi listrik. Ini merupakan masalah
kecil yang sering terjadi, dimana kurangnya sosialisasi mengenai instalasi
listrik di rumah pelanggan PLN. Ini dibuktikan masih sering terjadinya
kosleting listrik yang terkadang menyebabkan kebakaran. Bahkan, karena
kurangnya pengawasan terhadap instalasi listrik membuat beberapa orang mencuri
listrik dengan instalasi apa adanya yang sangat membahayakan.
Kedua, masih seringnya terjadi pemadaman listrik di beberapa
wilayah yang terkadang mengganggu aktifitas masyarakat. Seringnya listrik padam
juga terkadang dapat merusak alat-alat elektonik milik pelanggan dan terkadang
listrik padam hanya sekitar 5 menit kemudian hidup lagi dan padam lagi.
Ketiga, masih ada beberapa wilayah yang belum menikmati kinerja PLN. Ini juga dikarenakan letak
geografis Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau dan wilayah berbukit. Ini
membuat sebaian wilayah susah untuk menikmati kinerja PLN.
Ketiga masalah diatas memang tak sepenuhnya kesalahan dari
pihak PLN. Namun, sebagai perusahaan Negara yang peranannya begitu penting bagi
Indonesia seharusnya lebih memperhatikan hal-hal kecil yang sering terjadi pada
pelanggan PLN. Disisi lain, PLN tak hanya sepenuhnya memiliki kekurangan. PLN
juga memiliki kelebihan.
Pertama, PLN mampu memberikan layanan informasi yang
mengikuti perkembangan zaman. PLN membagi informasinya di www.pln.co.id, tidak
hanya itu, di Android OS kita dapat mebngunduh aplikasi PLN yang membuat
pelanggan dapat mengecek kapanpun dan dimanapun mengenai pembayaran listrik
PLN. Tidak hanya itu PLN juga membuat listrik prabayar yang memudahkan
pelanggan menikmati listrik hanya dengan membeli pulsa layaknya menggunakan
handphone. Sebagai tambahan PLN juga memiliki akun twitter @pln_123 dan facebook PLN 123 yang memudahkan pelanggan mendapatkan informasi yang jelas dan akurat seputar pelayanan PLN.
Kedua, memberikan kesempatan bagi putra putri Indonesia
untuk barkarir di PLN. Ini membuat kurangnya pengangguran di Indonesia. Walapun
tak signifikan, ini dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia
dan memberikan kesempatan kepada putra putri terbaik Indonesia untuk berkarir
dan berkembang bersama PLN.
Setelah membahas mengenai kekurangan dan kelebihan PLN yang
sangat sederhana, saya akan memberikan beberapa saran:
- PLN Sebaiknya memudahkan para pelanggan baru untuk menikmati listrik PLN.
- Pengawasan yang lebih maksimal terhadap pelanggan.
- Meningkatkan sosialisasi kepada pelanggan.
- Menciptakan inovasi baru.
- Pengawasan terhadap pembangun pembangkit listrik swasta.
- Pengawasan terhadap tindakan yang melanggar hukum dan merugikan negara.
Jadi, itulah beberapa kekurangan, kelebihan dan saran untuk
PLN. Disamping itu, sebagai pelanggan PLN kita tak hanya sekedar tahu untuk
memakai apa yang di sediakan PLN, namun kita juga harus sadar bahwa segala
sesuatu itu ada batasnya. Kita harus bijak memakai listrik secukupnya saja
tanpa berlebihan. Ini juga dapat membuat penghematan yang besar tidak hanya
bagi pelanggan PLN tetapi juga bagi Negara. Sekian inilah ideku untuk PLN, semoga blog ini dapat memberi informasi yang jelas dan bermanfaat, terima
kasih. SELAMAT HARI LISTRIK NASIONAL KE 69.
0 comments:
Post a Comment